|

INOVASI LAYANAN PENGGANTIAN PASPOR RUSAK, HILANG DAN PERUBAHAN DATA BAGI KELOMPOK PRIORITAS

Oleh Doni Purwoko Hadi Sandra Dewa (Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanim Balikpapan) – Kantor imigrasi Balikpapan terus berupaya meningkatkan pelayanan keimigrasian dengan mewujudkan inovasi Layanan Penggantian Paspor Rusak, Hilang dan Perubahan Data bagi kelompok prioritas. Layanan Penggantian Paspor ini memberikan kemudahan dan percepatan waktu penyelesaian Berita Acara Pemeriksaan (BAP) bagi para pemohon kelompok prioritas dengan memberikan One Day Service mulai dari proses BAP hingga pengambilan Biometrik dan wawancara.Layanan Penggantian Paspor rusak, hilang dan perubahan data dirasa kurang berpihak dan merepotkan pada kelompok prioritas dikarenakan harus beberapa kali datang ke Kantor Imigrasi.

Tujuan Layanan penggantian paspor rusak, hilang dan perubahan data ini terbagi menjadi 3, diantaranya :

  1. Tujuan Jangka Pendek
    Terbentuknya Tim efektif yang akan mendukung Implementasi aksi perubahan optimalisai layanan penggantian paspor rusak, hilang dan perubahan data melalui inovasi layanan Berita Acara Pemeriksaan Prioritas (Becak Patas), tersusunnya SOP inovasi layanan Berita Acara Pemeriksaan Prioritas (Becak Patas),terlaksananya kemudahan dan percepatan layanan penggantian paspor rusak, hilang dan perubahan data untuk pemohon prioritas (kelompok rentan ) dan tersampaikannya informasi terkait inovasi layanan Berita Acara Pemeriksaan Prioritas (Becak Patas).
  2. Tujuan Jangka Menengah
    Optimalisai layanan penggantian paspor rusak, hilang dan perubahan data melalui inovasi layanan Berita Acara Pemeriksaan Prioritas (Becak Patas) dapat berjalan dengan baik serta tersampaikannya Inovasi ini kepada pemohon layanan penggantian paspor rusak, hilang dan perubahan data melalui sosialisasi dengan menggunakan sosial media Kantor Imigrasi Balikpapan.
  3. Tujuan Jangka Panjang
    Meningkatnya kualitas pelayanan publik yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Adapun manfaat dari inovasi ini sebagai berikut :

  • Bagi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan
    Meningkatkan kualitas pelayanan serta meningkatkan citra positif terhadap Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan sebagai instansi pelaksana pelayanan Publik.
  • Bagi Masyarakat
    Masyarakat mendapatkan kemudahan proses BAP paspor hilang, rusak atau perubahan data khususnya kelompok rentan.
WhatsApp
Facebook
Twitter
Pinterest
Telegram
LinkedIn

Lainnya