|

INOVASI

Halo Kawan Si Bintang, di halaman ini kami akan menginfokan kepada kalian semua apa saja inovasi yang telah dibuat oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan dalam mengupayakan pelayanan SANGAT BAIK dan prima kepada masyarakat. Oiya, nama-nama dari inovasi yang ada di Kantor Imigrasi menggunakan kearifan lokal Balikpapan sehingga mudah diingat dan familier. Yuk langsung simak satu persatu :

AMPLANG (Ambil Paspor Langsung Pulang) merupakan layanan pengambilan paspor secara drive thru yang akan melayani pengambilan paspor secara cepat tanpa harus turun dari kendaraan atau masuk ke ruang layanan. Layanan drive thru ini merupakan salah satu solusi yang telah diterapkan untuk meminimalisir kerumunan di ruang publik.
Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan menyediakan fasilitas Layanan Ramah HAM yang dikhususkan untuk memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat kelompok rentan dengan nama LAPMER yang merupakan singkatan dari Layanan Prioritas Melayani Kelompok Renta. Terdapat empat kategori kelompok rentan yang berhak mendapatkan Layanan Prioritas & Fasilitas Ramah HAM, yaitu: Lansia (berumur 60 tahun keatas), Penyandang Disabilitas,Balita, dan Ibu Hamil/Menyusui.

PERDA adalah singkatan dari Pelayanan Ramah Darurat yang merupakan inovasi layanan dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan untuk pemohon paspor yang sedang dirawat di Rumah Sakit dan akan dirujuk untuk berobat di Luar negeri.

Pemohon dapat mengajukan permohonan layanan ini dengan cara membawa persyaratan lengkap beserta surat rekomendasi dari rumah sakit dengan keterangan bahwa Pemohon harus dirujuk ke Luar Negeri. Kemudian, petugas akan langsung mendatangi pemohon di rumah sakit untuk melakukan pelayanan secara cepat dan mudah. Kehadiran layanan ini diharapkan agar memudahkan pemohon yang sedang sakit dalam pengurusan paspor.

 

LAMARU merupakan singkatan dari Layanan Mengantar Paspor Rentan Usia Lanjut adalah inovasi layanan pengantaran paspor hingga ke rumah untuk pemohon paspor yang telah lanjut usia dan tinggal di Balikpapan. Merupakan bentuk inovasi pelayanan spesial dari Kantor Imigrasi Balikpapan yang mencoba memenuhi kebutuhan masyarakat terutama yang telah lanjut usia untuk memberikan pelayanan maksimal, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, tanpa perlu pergi ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan untuk pengambilan paspor.

KLANDASAN (Kami Layani ANda Di hAri Sabtu Akhir pekaN) yang merupakan inovasi sekaligus solusi bagi masyarakat untuk dapat melakukan pengambilan paspor pada hari sabtu.

Inovasi KLANDASAN adalah wujud Dharma Bhakti Imigrasi kepada masyarakat. Di mana melalui semangat mewujudkan Layanan Keimigrasian Berkelas Dunia, Kantor Imigrasi Balikpapan hadir “Semakin PASTI” memberikan solusi kepada masyarakat untuk mengakses layanan pengambilan paspor di luar hari kerja.

KLANDASAN sendiri merupakan nama daerah di kota Balikpapan dimana Kantor Imigrasi Balikpapan berada

SEMAYANG (Senin Melayani Menjelang Petang) adalah inovasi yang memungkinkan masyarakat untuk mengakses layanan paspor pada hari Senin petang, mulai pukul 17.00 hingga 20.00 WITA, dengan jumlah kuota 15 orang.

Inovasi ini merupakan upaya konkret dari Kantor Imigrasi untuk meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan bagi warga yang ingin mengurus paspor dan diharapkan dapat memudahkan mereka yang memiliki kesibukan di siang hari untuk mengurus paspor.

SEMAYANG Kantor Imigrasi Balikpapan bertujuan untuk mengurangi beban dan antrean di loket paspor, memungkinkan lebih banyak warga untuk memperoleh paspor dengan lebih mudah dan efisien.

Kantor Imigrasi Balikpapan berkomitmen dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat setempat. Dengan waktu pelayanan yang lebih fleksibel, diharapkan proses pengurusan paspor menjadi lebih praktis dan efektif bagi semua pihak yang memerlukan.

TUNTAS (Tatakan Untuk Tas) adalah jenis inovasi yang kami tujukan bagi pemohon paspor saat berada di booth wawancara dan pengambilan data biometrik.

Pemohon yang membawa tas tidak perlu lagi bingung untuk mencari tempat menyimpan atau menaruhnya saat sedang proses wawancara atau pengambilan data biometrik. Tas Anda akan lebih aman karena berada dekat dengan Anda

 Merupakan Singkatan dari SARANA INFORMASI BERUPA TAYANGAN BERMACAM ALUR LAYANAN SECARA DIGITAL UNTUK UMUM, kami tempatkan didepan pintu masuk ruang pelayanan dalam sebuah layar televisi dengan tampilan dan gambar yang menarik dan mudah dipahami. Inovasi ini kami ciptakan sebagai bentuk komitmen kami untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat meskipun dalam situasi pandemi seperti sekarang, hadirnya inovasi ini juga mendukung upaya pemerintah dalam rangka mencegah terjadinya penularan virus Covid 19, salah satunya dengan mengurangi interaksi antara petugas dengan masyarakat yang datang ke Kantor Imigrasi Balikpapan untuk mengetahui alur layanan, persyaratan dan biaya pelayanan keimigrasian

SI BEKANTAN (IMIGRASI BERIKAN KENYAMANAN PELAYANAN ORANG ASING TANPA DATANG) adalah Inovasi ini memberikan layanan pengajuan atau perpanjangan izin tinggal WNA tanpa harus datang ke Kantor Imigrasi Balikpapan tapi petugas kami yang mendatangi yang bersangkutan. Bekantan sendiri adalah nama binatang langka yang dilindungi di Kalimantan

Aplikasi Pencatatan dan Penyusunan Dokumen Keimigrasian (CANDI) merupakan inovasi berupa perangkat lunak yang dirancang untuk membantu pengguna dalam mengorganisir dan mengelola arsip keimigrasian dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi penyimpanan berbagai jenis dokumen, file, atau objek arsip dengan mudah dan efisien.

Aplikasi ini terintegrasi dengan Sistem Infomasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) yang juga dirancang untuk mempermudah penyimpanan dan pencarian berkas arsip secara sistematis. Meningkatkan efisiensi penggunaan ruang arsip dan menghindari kesalahan petugas dalam penyimpanan arsip.

Inovasi Penyimpanan Dokumen Keimigrasian WNA (PANDAWA) merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk membantu pengguna dalam mengorganisir dan mengelola berkas dokumen keimigrasian wna yang siap diserahkan. memiliki fitur penyimpanan dan pencarian objek arsip dengan mudah dan efisien serta terintegrasi dengan SIMKIM dan aplikasi pengarsipan (CANDI).

Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah penyimpanan dan pencarian Dokumen Keimigrasian WNA secara sistematis, meningkatkan efisiensi penggunaan ruang arsip dan menghindari kesalahan petugas dalam penyimpanan dokumen

ASIAPP (APLIKASI AMAN PENYIMPANAN PASPOR) membuat penataan BMN berupa paspor yang siap diserahkan jauh lebih tertata. Pencarian atas paspor yang disimpanmu menjadi mudah dengan menggunakan qr code saja. Serta juga sudah terintegrasi dengan whatsapp gateway milik kantor imigrasi balikpapan dan akan mengirimkan pesan secara otomatis kepada pemohon paspor jika paspor sudah siap diambil atau jika paspor belum diambil dalam jangka waktu 3, 25, 30 dan 50 hari. Asiapp juga telah menerima surat pencatatan ciptaan dari Direktorat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) sebagai aplikasi komputer yang hak ciptanya terdaftar.

MONPERA (MONITORING ONLINE PELAPORAN GRATIFIKASI) merupakan alat untuk melaporkan diri secara real time jika ada petugas yang menerima Gratifikasi baik didalam Kantor maupun diluar Kantor Imigrasi. Laporan gratifikasi yang diterima akan diterima langsung oleh tim Unit Pengendali Gratifikasi dan barang gratifikasi akan disimpan didalam lemari gratifikasi

SURGA (SURVEY GRATIFIKASI) melibatkan masyarakat atau pemohon untuk mengontrol petugas yang melakukan pelayanan diluar Kantor Imigrasi Balikpapan apakah petugas yang dimaksud menerima atau meminta imbalan atas layanan yang diberikan