Kegiatan diawali dengan peninjauan langsung ke Pelabuhan Tanjung Perak untuk melihat proses pemeriksaan keimigrasian TPI Laut. Pejabat dan staf Kantor Imigrasi Balikpapan mendapatkan penjelasan rinci mengenai prosedur dan standar operasi yang diterapkan di Tanjung Perak.
Studi tiru dilanjutkan dengan peninjauan fasilitas dan pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak. Rombongan dari Kanim Balikpapan mendapat kesempatan untuk melihat berbagai inovasi pelayanan yang telah diterapkan, seperti layanan imigrasi online dan ruang tunggu yang nyaman.
“Berbagai informasi dan pengalaman berharga ini akan kami pelajari dan diadaptasi di Kantor Imigrasi Balikpapan, dengan tujuan meningkatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat,” ungkap Romi.
Dengan mempelajari praktik terbaik dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak, Kantor Imigrasi Balikpapan optimis dapat memberikan pelayanan yang lebih prima dan profesional kepada masyarakat serta mewujudkan WBBM.